Archives

Dump “Brownies Ketan Hitam Kukus” Cake Mix ala La DenZ

image

Hari ini My Hubby Birthday…lagi ga mood bikin cake yang ribet-ribet nih, berhubung jagoanku baru sembuh dari sakit campak…n diriku lagi gak enak badan seperti biasa kalo abis kecapean nungguin yang sakit.

Bolak-balik nanya si mbah googl* dan ngecek stokan di rumah….nemu resepnya Debra Shapiro dari blog Tastebook. Judulnya World’s Fastest Chocolate Cake. Jadi tertarik pengen nyoba.

Problemnya karena gak cek n ricek lagi maupun kalkulasi, aq main masuk-masukin aja bahan yang ada….hasilnya….masih empuk dan moist, tapi terlalu padat…. cek n ricek kembali…..ternyata ada perbedaan berat antara cake mix lokal dengan cake mix yang punya Debra.

Brownies kukus mix kemasan yang aq pake beratnya 400gr sedangkan yang punya Debra 18,25 oz atau hampir sekitar 500gr. Lalu Puding coklat mix yang aq pakai beratnya kebanyakan 165 gr tanpa vlanya. Sedangkan punya Debra hanya 3,9 oz atau sekitar 105 gr. Mungkin perbedaan jumlah jenis tepung mix ini yang membuat cakenya jadi berbeda dalam teksturnya. Soal pengembangannya, memng biasanya “dump cake” setahuku tidak terlalu naik, ataupun kalau naik saat mendingin agak turun lagi, tidak seperti cake pada umumnya.

Soal rasanya tetap seperti brownies ketan hitam sih. tapi lebih lembut karena ada puding mixnya itu kali. Oya, ini aq panggang, walaupun cake mixnya yang judulnya dikukus. Soalnya, belum pernah tahu kalo dump cake kukus apa bisa jadi atau gak.

Uniknya karena teknik mengadonnya paling mudah dan cocok buat yang lagi males atau gak mood mengocok dan membuat dapur berantakan, arena semua bahan langsung dicampur di loyang yang akan dipakai manggang.

Ok….ini dia resepnya.

“DUMP” BROWNIES KETAN HITAM KUKUS CAKE
Resep asli dari blog Tastebook oleh Debra Shapiro dengan judul “World’s Fastest Chocolate Cake”

Bahan:
¼ cup minyak canola atau minyak sayur
1 pak (18,25oz) kemasan cake coklat ( aq pakai 1 pak (400gr) kemasan Brownies Kukus Ketan Hitam)
1¼ cup air (aq pakai susu encer)
2 btr telur ayam besar, sebaiknya dikocok lepas
1 pak (3,9 oz) kemasan puding coklat (aq pakai 1 pak (165 gr) tanpa tepung vlanya)
1cup coklat chips (aq ganti dengan ¼ cup kurang 1sdm coklat bubuk)

Caranya:
Panaskan oven 180°C atau api sedang.
Siapkan loyang bulat ukuran 9 inci (aq pakai loyang alum kotak 20×20 cm)
Tuang minyak ke loyang dan ratakan serta pastikan semua sisi terkena minyak.
Masukkan bahan lain satu per satu sesuai dengan urutan bhn di atas.
Aduk rata dengan garpu atau whisk kecil, Sampai semua tercampur rata. Adonan agak encer.
Panggang selama 35 – 40 menit (aq pakai oven listrik yang sudah kurang stabil kali ya jadi butuh waktu sekitar 50 – 60 menit untuk matang. Saat dites tusuk masih ada sedikit gumpalan kering di ujung tusuk satenya. Dan juga bagian pinggir cake terpisah dari sisi loyang.
Angkat dan biarkan agak mendingin sebentar baru dikeluarkan dari loyang.
Hias sesuai selera.

Catatan:
Ke depannya mungkin akan perlu ditambahkan air/susu sekitar 1/4 cup lagi dan 1 btr telur serta 1sdt Baking Soda, karena selisih berat cake mix browniesnya agak banyak. Supaya teksturnya bisa lebih berpori dan tidak terlalu padat. Cake ini hasilnya akan bersifat agak “goey” atau “chewy”, tapi karena saya agak dilamain anggangnya juga mungkin jadi agak dense itu dan tidak terlalu chewy.

Selamat mencoba
Love u all
Clara